Sabtu, 24 Maret 2012

Bagaimana melakukan banchmark

Benchmark adalah sebuah metode peningkatan kinerja secara sistematis dan logis melalui pengukuran dan perbandingan kinerja dan kemudian menggunakannya untuk meningkatkan kinerja.

ada dua contoh benchmark yaitu
1. Whetstone
2. Dhrystone

    whetstone merupakan benchmark sintetik yang di kembangkan oleh Curnow dan Wichman pada tahun 1976 benchmark ini dimaksudkan untuk mengukur kinerja komputer dalam mengolah bilangan floating point dan digunakan untuk membandingkan arsitektur maupun kompilator teroptimisasi yang dijalankannya yang dinyatakan dengan MFLOPS. program semula dibuat dalam behasa Algol dengan kompilator Algol 60 yang menterjemahkannya menjadi instruksi untuk mesin Whetstone imajiner.
   
    kelemahan benchmark whetstone adalah kecilnya ukuran modul/program benchmark sehingga sistem memori di luar cache tidak teruji, dan dengan optimisasi kompilator dengan mudah didapatkan skor benchmark tinggi tanpa mengubah sistem yang diuji.

    Dhrstone juga merupakan benchmark sintetik yang dikembangkan oleh Reinhold Weicker pada awal tahun 1980an dan di fokuskan untuk mengukur kinerja komputer atas bilangan integer dan string dinyatakan dengan MIPS

    Kelemahan benchmark Dhrstone program benchmark Dhrstone memiliki ukuran yang terlalu kecil
( sekitar 1,5 KM ) sehingga tidak dapat menguji sistem di luar Cache.


Berikut Macam - macam software benchmark :

1.CPU Z
2. 3D
3. Sisoft Sandra
4. Nova bench
5. Hdd Tune
6. battery bater

disini saya sebagai penulis akan melakukan bencmark laptop saya dengan menggunakan software Sisoft Sandra.

PERCOBAAN BENCMARK LAPTOP DENGAN MENGGUNAKAN SISOFT SANDRA

1. Pertama kita instal software sisoft sandra

2. jalankan aplikasi sisoft sandra sampai tampil gambar seperti di bawah ini :



3. Pilih CPU Aritmethic benchmark yang berfungsi untuk menampilkan kemampuan CPU dalam menangani instruksi aritmetic dan floating point serta membandingkannya dengan tipe CPU jenis lain.
seperti gambar di bawah ini :


4. Kemudian dianjutkan dengan memilih CPU Multimedia Benchmark yang berungsi laboratorium perangkat keras, ntuk menampilkan CPU dalam menangani instruksi multimedia dan data
seperti gambar di bawah ini :



4. kemudian yaitu kita pilih memory bandwidth yang berfungsi sebagai mencari spesifikasi dari suatu mainbord
seperti gambar diawah ini :


Demikian Kurang Lebih seperti ini jika kita ingin melakukan bencmark dan ingin mengetahui spesifikasi komputer atau laptop kita dengan cara software sisoft sandra.

Nama : WAHID WARISMAN
NPM  : 43109093
KeLas : 3 DC 02

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar