Minggu, 20 Mei 2012

Menampilkan IP dengan Nama Komputer

dalam Tulisan ini kebalikan dari tulisan yang berjudul ( Menampilkan Nama dengan IP )
jika sebelumnya menampilkan nama nama dengan IP. sekarang yang ini menampilkan IP dengan nama.
dan ini adalah contoh kodingnya sebagai berikut :



dan itulah contoh kodingnya dan jauh lebih panjang dari yang sebelumnya yang berjudul
( Menampilkan Nama dengan IP ). seperti yang saya bilang sebelumnya ini digunakan untuk menampilkan IP dengan nama komputer
dan ini adalah contohnya sebagai berikut :


dan itulah contohnya.

Cukup sekian dan terimakasih

Pengiriman Objek Melalui Socket

dalam tulisan ini saya akan mencoba membuat kelas yang berisikan data pegawai yang nantinya akan di panggil oleh si client. serta akan ada tanggapan dari si server juga pastinya. program ini terdapat server dan client dan harus terhubung dalam jaringan min 2 PC, atau bisa juga dengan menggunakan virtual box, karena server client maka si server cukup melakukan program server saja dan client juga cukup menjalankan program cliet juga. berikut ini adalah contoh kodingnya :


dan ini adalah koding untuk class staffny dan berada pada si server, kemudian ada juga koding untuk servernya sendiri
inilah contoh kodingnya :



ini adalah koding server, jadi ketika koding server dijalankan maka akan menunggu permintaan dari si client. dan ini ada contoh koding clientnya :



dan ini adalah koding si client yang akan meminta ke si server berikut contoh output yang sudah saya ambil.
yang pertama kita lakukan adalah kompail terlebih dahulu
sebagai berikut :



jika sudah tidak ada yang erorr seperti di atas itu maka kita tinggal jalankan program server dan klientnya. berikut contoh output dari si servernya :



dan si server menerima data pegawai yang dikirim oleh client.
berikut ini output dari si client



dan itulah output dari client yang mengirimkan data kepada si server.

Cukup sekian dan terimakasih

Sabtu, 19 Mei 2012

Menampilkan Nama Komputer (JAVA)

Pada Tulisan ini saya ingin berbagi wawasan tentang bagimana cara menampilkan nama komputer dengan Aplikasi JAVA.
dan ini contoh kodingnya :



dan ini digunakan untuk menampilkan nama komputer anda misalkan komputer saya :



dan ini merupakan contoh output nama dari komputer saya. anda juga dapat mencobanya di rumah.

Pemrograman Socket Client-Server

Dalam tulisan ini merupakan konsep dari pemrograman Socket Java. disini saya akan mencoba menjalankan aplikasi yang sudah ada. harus ada 2 atau lebih PC yang terhubung dalam 1 jaringan.
Contoh kodingnya :



ini adalah koding buat server setelah selesai mengetik dan jangan lupa di complile terlebih dahulu apakah masih ada yang erorr atau tidak.


Jika sudah tampil seperti ini maka sudah siap untuk di RUN
dan jangan lupa harus mengetik koding untuk clientnya juga.
dan ini contoh kodingnya :



Sama seperti diatas jangan lupa untuk complinya sampai tidak ada yang error .
seperti ini :


Jika sudah tidak ada error lalu kita jalankan programnya, koding server harus si server yang menjalankannya, dan client juga harus client yang menjalankannya untuk client harus memanggil name host server.
dan ini hasiL outputnya :


dan ini hasil output server ketika ada pesan masuk.


dan itu hasil output client saat memanggil host server dan saat memasukan pesan ke server.

IP dengan command from

Program ini menggunakan aplikasi JAVA untuk mengcompilenya. caranya sangat mudah tinggal ketik kodingnya lalu bisa langsung compile .
ini contoh kodingnya :




koding di atas hanya buat menampilkan IP yang ada di komputer
dan ini contoh outputnya :



dan itulah hasiL outputnya.

Menampilkan Nama dengan IP

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi wawasan bagi bolgger semua umat , Bagaimana menampilkan nama komputer dengan menggunakan IP, bisa juga dalam keadaan Lan atau Tersambung LAN, Contoh Koding :


ini adalah contoh koding yang bisa menampilkan nama komputer anda dengan IP. ini bisa menggunkan Java untuk melihatnya. berikut ini adalah contoh output yang di ambil.



ini adalah hasiL output yang saya ambil. saya ambil dalam satu jaringan. IP ketiga adalah IP yang tidak ada dalam jaringan saya.

Senin, 14 Mei 2012

Pemograman Jaringan


1. Jelaskan secara singkat apa yang anda ketahui tentang UDP ?
  1. UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768. UDP memiliki beberapa karakteristik, antara lain:
  •  Unreliable (tidak andal): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus melakukan pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama transmisi. Umumnya, protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP mengimplementasikan layanan keandalan mereka masing-masing, atau mengirim pesan secara periodik atau dengan menggunakan waktu yang telah didefinisikan.
  • UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process Identification.
  • UDP menyediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP.
UDP sering digunakan dalam beberapa tugas berikut:
  • Protokol yang “ringan” (lightweight): Untuk menghemat sumber daya memori dan prosesor, beberapa protokol lapisan aplikasi membutuhkan penggunaan protokol yang ringan yang dapat melakukan fungsi-fungsi spesifik dengan saling bertukar pesan. Contoh dari protokol yang ringan adalah fungsi query nama dalam protokol lapisan aplikasi Domain Name System.
  • Protokol lapisan aplikasi yang mengimplementasikan layanan keandalan: Jika protokol lapisan aplikasi menyediakan layanan transfer data yang andal, maka kebutuhan terhadap keandalan yang ditawarkan oleh TCP pun menjadi tidak ada. Contoh dari protokol seperti ini adalah Trivial File Transfer Protocol (TFTP) dan Network File System (NFS)
  • Protokol yang tidak membutuhkan keandalan. Contoh protokol ini adalah protokol Routing Information Protocol (RIP).
  • Transmisi broadcast: Karena UDP merupakan protokol yang tidak perlu membuat koneksi terlebih dahulu dengan sebuah host tertentu, maka transmisi broadcast pun dimungkinkan. Sebuah protokol lapisan aplikasi dapat mengirimkan paket data ke beberapa tujuan dengan menggunakan alamat multicast atau broadcast. Hal ini kontras dengan protokol TCP yang hanya dapat mengirimkan transmisi one-to-one. Contoh: query nama dalam protokol NetBIOS Name Service.



2. Jelaskan perbedaan TCP dan UDP

# Berbeda dengan TCP, UDP merupakan connectionless dan tidak ada keandalan, windowing, serta fungsi untuk memastikan data diterima dengan benar.
#UDP melakukan multiplexing UDP menggunakan cara yang sama seperti TCP. satu-satunya perbedaan adalah transport protocol yang digunakan, yaitu UDP.
#UDP mempunyai keuntungan dibandingkan TCP dengan tidak menggunakan field sequence dan acknowledgement. keuntungan UDP yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. sisamping itu, UDP tidak perlu perlu menunggu penerimaan atau menyimpan data memory sampai data tersebut diterima.
#UDP adalah siaran langsung ex. dalam televise gerakannya lemot dan gak bisa di ulang.
#TCP siaran tidak langsung, jadi gambar terlihat lebih jelas.


3. Berikan Contoh aplikasi - aplikasi yang menggunakan protokol TCP, dan jelaskan bagaimana kerja aplikasi tersebut

Contoh protokol aplikasi yang menggunakan TCP :
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
  • FTP (File Transfer Protocol)
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
     Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web. HTTP adalah sebuah protokol meminta atau menjawab antara client dan server. Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80). Client yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxygateway, dan juga tunnel. HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya, tetapi HTTP membutuhkan sebuah protokol lapisan transport yang dapat diandalkan. Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator(URL) menggunakan skema URI
 http: atau https:.




4. Bagaimana konsep Client Server dalam jaringan komputer

Client-server komputer adalah suatu pendekatan bagi penggunaan jaringan komputer yang didasarkan pada komsep bahwa sebagian fungsi paling baik ditangani secara lokal dan sebagian paling baik ditangani secara terpusat. terlihat bahwa client-server merupakan campuran antara timesharing yang terpusat dan distributed processing yang menekankan pemrosesan lokal. Client server dapat mencakup WAN tetapi konfigurasi dasarnya terdiri dari satu atau beberapa LAN

Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (Software komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (Network card). kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Sebuah contoh dari aplikasi client-server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Activer server pages (ASP). Skrip ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau internet information services), sementara skrip yang berjalan di pihak client akan dijalankan oleh web browser pada komputer client (workstation). client-server merupakan penyesalan masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database. dengan metode client-server database dapat diinstal pada komputer server dan aplikasinya diinstal pada client.

5. Jelaskan secara singkat apa yang anda ketahui tentang protokol transport
Protocol transport berfungsi untuk menyedeiakan komunkiasi logika anta proses aplikasi yang berjalan pada host yang berbeda protokol transport berjalan pada end syste. pada layanan transport, satuan data yang dipertukarkan disebut sebagai segment ke proses tersebut. selain itu juga melakukan multiplexing, yang akan mengemailan data dari beberapa proses aplikasi , dan membungkus data dengan header. Multiplexing dan Demutiplexing di dasarkan pada pengirim dan nomor port serta alamat IP penerima


6. Dalam Protokol Transport terdapat dua protokol utama yaitu TCP dan UDP, jelaskan perbedaan TCP dan UDP.

Berbeda dengan TCP, UDP merupakan connectionless dan tidak ada kendala, windowing, serta fungsi untuk memastikan data diterima dengan benar.
> UDP melakukan multiplexing UDP menggunakan cara yang sama seperti TCP. satu-satunya perbedaan adalah transport protocol yang digunakan, yaitu UDP.
> UDP mempunyai keuntungan dibandingkan TCP dengan tidak menggunakan field sequence dan acknowledgement. keuntungan UDP yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. disamping itu, UDP tidak perlu menunggu penerimaan atau menyimpanan data dalam memory sampai data tersebut diterima.
> UDP adalah siaran langsung ex. dalam televisi gerakannya lambat dan tidak bisa di ulang kembali.
> TCP Siaran tidak Langsung, jadi gambar terlihat lebih jelas.

7. Berikan contoh aplikasi -aplikasi yang menggunakan protokol TCP, dan jelaskan bagaimana kerja aplikasi tersebut.

7.1 Telnet
Untuk dapat mengakses letnet, biasanya (dan seharusnya ) kita memiliki sebuah account atau login di komputer yang di tuju, dan  login tersebut disertai password (kata kunci ) sebagai verivikasi atau sebagai legalisasi dari account yang kita masukan, dan account tersebut di berikan oleh addministrator
> Klik starts button pada pojok kiri bawah
> klik Run
> Klik Telnet
> klik OK
setelah aplikasi telnet jalan klik connect, kemudia editlah remote.

 7.2 FTP (File Transfer protocol )
> Buka YAST ( Network Service ) FTP Server
> Pada wizard pertama - Start-up - tentukan pilhan untuk service start. sebaiknya pilih when booting agar service FTP langsung berjalan pada saat komputer dihidupkan. untuk switch on &off
-wizard kedua - general- tentukan banner welcome message.
- Wizard ketiga - perfomance - tentukan setting koneksi akan di putus jika user idles alias tidak melakukan apa -apa selama sekian menit. kemudia jumlah maksimum klien yang boleh mengakses FTP server
Wizard Keempat -  authenticaton - tentukan siapa saja yang boleh mengakses FTP server
Wizard keLima - Expert settings - tentukan pilihan untuk passive mode, akses SSL dan setting Firewall

7.3 SMTP ( Simple mail Transfer Protocol )
Simple mail transfer protocol ( SMTP ) didefinisikan dan digunakan dalam internet untuk mengirimkan electonic mail ( E-maiL). Cara kerja SMTP mirip yang dilakukan oleh FTP. SMTP menggunakan beberapa spool dan queue. SMTP akan menghindari membalas pesan dari queue jika dihubungkan ke remote machine. jika pesan dapat dibalas dengan waktu yang telah ditentukan maka pesan akan dikembalikan ke pengirim end-to-end, dimana SMTP client akan menghubungi SMTP server untuk segera mengirimkan email.


8. Jelaskan langkah dan prinsip kerja socket programming untuk komunikasi dua arah

Secara garis besar langkah-langkah yang harus dilakukan pada client dan server adalah sebagai berikut:
    1.   Langkah-langkah dasar client :
a.  Membuka koneksi client ke server yang didalamnya adalah :
  • Membuat socket dengan perintah socket()
  • Melakukan pengalamatan ke server
  • Menghubungi server dengan perintah close();
b.  Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah write() dan read()
c.  Menutup hubungan dengan perintah close();
 2.  Langkah-langkah dasar di server :
a.  Membuat socket dengan perintah socket()
b.  Mengikatkan socket kepada sebuah alamat network dengan perintah bind()
c. Menyiapkan socket untuk menerima koneksi yang masuk dengan perintah listen()
d.  Menerima koneksi yang masuk ke server dengan perintah accept()
e.  Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah write() dan read()
  • Pada saat suatu aplikasi berkomunikasi, awalnya aplikasi membuat socket baru, maka pada aplikasi tersebut akan diberikan nomer yang digunakan sebagai referensi socket. Jika ada suatu sistem yang menggunakan nomer socket tersebut, maka akan terjalin suatu jaringan komunikasi antar computer sebaik transfer data lokal.
 
  • Untuk berkomunikasi dengan server, client harus tahu nomor IP server, begitu juga nomor port yang dituju. Nomor port menunjukkan service yang dijalankan. Contoh port 23 untuk Telnet Server, port 25 untuk Mail Server dan port 80 untuk Web Server. Program yang berjalan di server, akan berjalan sepanjang waktu sampai mesin/service dimatikan, menunggu request dari client sesuai service yang diminta.